Senin, 29 November 2010

Jenis" layar sentuh

Capacitive, Resistive atau R-Resistive: Mana yang Anda pilih?
Walaupun sekarang ini lagi booming ponsel-ponsel berlayar sentuh, tetapi mungkin masih banyak para pengguna ponsel jenis ini yang kurang mengetahui jenis-jenis layar sentuh yang digunakan. Awalnya kita mengenal dua jenis layar sentuh yang digunakan, yakni Capasitive dan Resistive.


CAPACITIVE
Layar Capasitive bekerja berdasarkan arus listrik yang dihantarkan oleh kulit tubuh manusia. Hantaran listrik inilah yang menyebabkan obyek-obyek yang ada di layar bisa bergerak sesuai dengan kehendak pemakainya. Layar jenis ini sayangnya hanya bisa bekerja dengan jari-jari kita, tetapi tidak akan merespon penggunaan kuku jari tangan, stylus, sarung tangan maupun benda-benda lainnya. Layar Capacitive dalam merespon perintah tercatat paling cepat dibanding layar jenis lainnya, lewat sentuhan ringan saja perintah akan langsung dijalankan. Kelemahannya layar jenis ini kurang presisi dan akurat bila menghadapi obyek sentuh yang relatif kecil, itulah kenapa ponsel-ponsel yang menggunakan tipe layar sentuh jenis Capacitive memiliki obyek-obyek sentuh yang relatif besar-besar seperti pada produk Apple iPhone. Kelebihan lain layar Capasitive memungkinkan penggunaan secara multi sentuhan(multi-touch) dan penggunaan sensor gerak tubuh(gesture control) yang sangat berguna terutama dalam permainan(games).

RESISTIVE
Sedangkan layar Resistive bekerja dengan cara menekan dua lapisan layar yang berhimpitan untuk membangkitkan arus listrik yang akan menggerakkan obyek-obyek pada layar. Kelebihan layar jenis ini karena cuma butuh penekanan, maka semua benda bisa dipakai tanpa harus dibatasi oleh kulit jari tangan, bisa stylus, sarung tangan, kuku jari, dll. Imbas dari kelebihan ini, layar jenis Resistive ini bisa digunakan untuk menggerakkan obyek-obyek yang butuh presisi dan akurasi data tinggi seperti deretan tombol virtual QWERTY ataupun obyek kecil-kecil disitus internet dengan menggunakan bantuan stylus. Kelemahannya karena bekerja dengan tekanan, maka diperlukan sedikit tenaga dan proses untuk menggerakkan obyek pada layar sehingga didapat kesan kurang responsif atau sensitif bila dibandingkan dengan layar jenis Capasitive. Segi positif lainnya layar Resistive memiliki biaya pembuatan lebih murah sehingga bisa digunakan untuk menekan biaya produksi pembuatan ponsel layar sentuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar